Selasa, 28 Mei 2013

1 Mei 2013


whatsappan sama ita.

Lan lo lagi dimana? | di deket monas | wih ikutan demo ya? | kagak, gue mau samperin staf khusus wagub JKT | mau ngapain? | mau mempertanyakan dan minta bantuan soal penggunaan KJS untuk cari ruang ICU | yah itu sih sama aja demo juga hahaha | hah? -____-a

ketika orang berbondong-bondong memadati Jakarta Pusat dan kitaran Monas untuk demo hari buruh. Saya, Masdan dan Tangguh pun turut serta ke sana, bukan untuk ikutan demo hari buruh, tapi untuk memperjuangkan penggunaan KJS yang telah diluncurkan oleh pemprov JKT, yang ternyata baru-baru ini menjadi polemik dan bahan perbincangan hangat di media. Bahkan sempat beredar isu Gubernur DKI JKT akan diinterpelasi oleh DPRD karena KJS ini.


ada persamaan dari poin-poin di atas, dan saya jadi teringat lagi karena omongan Ita. iya setiap orang itu berjuang, perjuangan itu berbagai bentuknya. sempit sekali jika kita berpikir perjuangan itu hanya terbatas pada kritik/demonstrasi atau aktivis LSM.

saya sempat tidak setuju dengan teman saya yang mencibir mahasiswa jaman sekarang hanya mengejar lulus cepat, IPK tinggi untuk mendapat gaji besar dan hidup makmur. Menurut saya, selama yang orang tersebut lakukan adalah untuk mandiri, ingin membantu keluarga dan orang di sekitarnya, itu adalah salah satu bentuk perjuangan yang dia lakukan. mungkin dia punya alasan tersendiri yang melatarbelakangi pilihannya, bisa jadi karena beratnya tanggungan keluarga. dengan dia hidup mapan, tidak bergantung dan menyusahkan orang lain, dia bisa membantu orang-orang disekelilingnya kan? selama dia masih peduli dan ingat untuk terus selalu berbagi dan bukan memperkaya diri atau golongan sendiri. Saya rasa tidak masalah. Itu adalah salah satu variasi perjuangan. ada yang berjuang di jalanan, ada yang berjuang di kolong jembatan, ada yang berjuang di pedalaman, ada yang berjuang di kantoran. itu pilihan. Sekali lagi, selama yang dia lakukan bukan hanya untuk kesenangan diri sendiri, masih memikirkan kepentingan dan melakukan sesuatu demi orang lain, orang banyak dan orang yang membutuhkan. itu juga salah satu bentuk perjuangan.

yang demo di hari buruh, yang memperjuangkan penggunaan KJS, yang meluncurkan KJS, yang ke kantor buat kerja kasih nafkah buat keluarga, yang macul di sawah, yang ngajarin dan menimba ilmu di sekolahan, setiap langkah yang dilakukan demi tujuan yang mulia, kepentingan orang lain dan orang yang membutuhkan, itu adalah langkah perjuangan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar