Jumat, 14 Desember 2012

Motivasi dan Doa K2N UI 2010

Lagi iseng buka-buka notes di FB dan nemu tulisan ini yang dibuat sebelum keberangkatan K2N UI 2010. Saya post ulang disini sebagai pengingat niat dan cita-cita yang ketika itu sangat berapi-api. Miris sebenernya pas baca ulang tulisan ini, mengingat apa yang terjadi kemudian tidak sesuai harapan. Rasa hutang dan janji terhadap diri sendiri yang belum terbayar, masih bersemayam di relung hati hingga sekarang. Saya tidak akan lupa, saya harus dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk menepatinya :')
Ketika menulis tulisan ini (29/6/2010), saya berpikir keras gimana caranya agar tulisan ini tidak terkesan sok idealis, gombal dan muluk. Oleh karena itu niat dan motivasi yang menggebu-gebu itu hanya saya siratkan melalui beberapa kalimat yang sisanya saya kaburkan agar terasa lebih ringan tanpa menghilangkan esensinya. Kenapa? karena biar niat dan perasaan yang sesungguhnya itu saya simpan sendiri di hati, tanpa banyak cuap pada khalayak, buktikan saja.
***

beberapa orang nanya. kkn lo apa hubungannya sama jurusan lo lan? 
emang ngaruh sama kemampuan jerman lo? apa gunanya ini buat kerja lo nanti? 
ngapain jauh2 amat ga buang2 waktu?

gw hanya ingin menceritakan motivasi gw ikut kkn ini.
alasan-alasan yg melatar belakangi gw, lbh prinsipil dr pertanyaan" barusan.



terserah orang mau bilang ini sok idealis atau apalah, haha
tp alasan pertama 
gw ikutan k2n ini adalah gw pengen bisa terlahir berguna.pengen bisa bermanfaat dan membantu secara langsung,
akan terasa sangat membahagiakan bukan?
mengetahui ternyata dengan hidupnya lo di dunia bisa menyenangkan dan bermanfaat buat orang lain? :)

dan juga sebagai salah satu bentuk syukur kepada Allah swt, 
karena telah diberikan keluarga, teman" dan kehidupan yang sangat membahagiakan. thanks God
gw pengen nyoba melakukan sesuatu untuk negara. 
ga rela, da ikhlas dan ga ridho, kalo kita harus sampai kehilangan pulau lagi..!!hiaaah

alasan kedua. 
awalnya gw kecewa sama jurusan, 
fakultas dan universitas tempat gw menimba ilmu sekarang.
gw iri sama universitas lain (*sebut saja univ negeri di bogor dan bandung)
yang mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk mengikuti program kkp, kkn, pkl, atau apalah sebutannya di daerah" pedesaan sperti cirebon, cianjur, ciamis, dll.
gw menggerutu, menyesal katanya univ terbagus di Indonesia tapi kok kaya giniiiiiiiiiiii x(
tapi semua kekesalan dan kekecewaan trbayar pas dikasih tau sama temen sekamar kalau UI ngadain KKN didaerah perbatasan.
pas ngeliat poster K2N di mading lantai 2 gedung 9 dan mading di lorong menuju kansas FIB, seketika itu pula mata gw berbinar-binar dipenuhi bintang-bintang (*cling cling)
#halah lebay

alasan ketiga.
gw suka banget dengan segala sesuatu yang sifatnya teknis dan lapangan. 
seneng banget rasanya bisa melakukan pergerakkan kesana kemari, bersosialisasi dan bekerja di dalam sebuah organisasi atau kegiatan.

alasan keempat. 
ada yang bilang, bisa keluar negeri bukanlah sesuatu hal sulit ketika lo mempunyai cukup uang dan kesempatan. 
tapi kalo ke pulau terluar dan dengan tujuan untuk berbagi? kapan lagi?
walaupun lo punya banyak uang belum tentu lo bisa kesana, dikarenakan aksesnya yang sangat sulit dan beberapa daerah berbahaya.

alasan kelima. 
gw pengen ngerasain hal-hal baru yang penuh tantangan. 
merasakan kehidupan lain yang sangat berbeda dengan yang gw punya sekarang. 
mencoba merasakan segala bentuk keterbatasan mulai dari listrik, komunikasi, makanan, modernitas ilmu pengetahuan, dll. 
berharap bisa lebih mensyukuri apa yang udah didapat sekarang sepulangnya kkn nanti :)
melihat dan belajar dari budaya-budaya baru yang akan ditemui whuiii

alasan keenam. 
selagi masih mahasiswa, selagi masih punya kebebasan melakukan segala sesuatu tanpa keterikatan, selagi otak masih suci dari segala pikiran realistis kotor, 
maka izinkanlah saya melakukan ini semua dengan niat bersih untuk berbagi dan belajar.

alasan ketujuh. 
gw berharap semoga kegiatan ini membangun pola pikir gw agar bisa menjadi lebih dewasa, 
memperbaiki diri dalam cara berorganisasi, yang kedepannya bisa berguna buat dunia kerja nanti :D

alasan kedelapan. 
yaa JALAN-JALAN LAAAH!!! hahaha betapa bahagianya bisa jalan2 ke daerah eksotis indonesia yg pemandangan alamnya indah luar biasa,
belum tersentuh tangan2 kotor turis, dan budaya yang masih sangat kental. 
Pengalaman yang sangat mahal dan langka kaan???? :D :D

ya mungkin itu hanya segelintir motivasi yang bisa gw sampaikan lewat tulisan ini :p

selebihnya gw hanya berharap dan berdoa semoga keberangkatan tim K2n UI 2010 ini :

1. dilindungi dan diberi keselamatan lahir batin dari awal keberangkatan sampai pulang nanti oleh Allah SWT.
2. keluarga dirumah dan teman" yang lain selalu selamat dan dilindungi Allah
3. program kerja yang dilakukan bisa berjalan Sukses, Lancar dan tanpa kendala yang berarti
4. semoga kita semua bisa belajar banyak hal dari daerah" yang akan dikunjungi nanti :)
5. semoga keberangkatan tim k2nui2010 ke tiap" daerah akan membawa perubahan dan manfaat yang bersifat berkelanjutan. tolong jangan sampai keberangkatan dan segala persiapannya hanya menjadi sesuatu yang sia-sia :((

sekali lagi aku berdoa ya Allah, tolong lindungilah aku dan teman-temanku, lindungi mereka semua yang berangkat dengan pesawat perintis, KRI, speedboat, perahu nelayan, motor offroad, dll. lindungi mereka yang di befondi, sabang, merauke, subi kecil, tj.dato, entikong, sebatik, lirang, rote, morotai dan selaruuu :)
lindungi dari segala musibah, wabah penyakit, konflik suku, dll.
lindungi keluarga dan teman" kami dirumah ... 

Amiin ya rabbal 'alamin

sampai jumpa bulan Agustus mendatang!! tidak sabar rasanya mendengar cerita" dan pengalaman unik menarik dari teman-teman sekaliaan :))
Bismillahirrohmannirrohiim! 

klik disini untuk melihat langsung note nya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar