Sabtu, 29 Juni 2013

Bertukar Pikiran Tentang Gie dan Para Demonstran

Djawa : 
Dulu pas SMA gw mengidolakan Soe Hok Gie setelah nonton filmnya. Gw suka sama pemikirannya yg sinis dan kritis. Tapi sekarang saat gw pikirin lagi, kenapa juga dulu gw ngidolain tukang protes kayak dia ya? Apa kerja nyatanya buat Indonesia?






Lanny :
protes dan kritisisme dalam pemuda itu harus selalu ada dim. perkara benar atau salah apa yang diprotesnya itu relatif dan dikaji selanjutnya. tapi itu wajib ada, sebagai penyeimbang kebijakan. kalo ga ada yang protes atau kritis, kita bisa dibodoh2i yang pegang kuasa dan kebijakan. pahami yin dan yang, selalu ada hitam dan putih agar ada keseimbangan.
Djawa :
Bener lan, kritis itu emang harus ada dan kalo kritis itu diimbangi sama berkarya, itu lebih baik lagi. Kalo lu ngambil contohnya biar gak dibodohi sama yang pegang kebijakan, coba masuk ke sistem itu dan ubah dari dalam, minimal kalo ga bisa masuk, kasih solusi. Yang salah kan kalo orang cuma protes tanpa mau kerja atau ngasih solusi apa2
Bayu :
komentator bola juga ga ngasih solusi wa..it's not their part to provide solution, theirs is to provide insight and hindsight hehe..
Djawa :
Mereka memang dibayar untuk berkomentar dan menghidupkan suasana don. Atau bisa jadi emang ada orang2 yg hobinya komentar. Sama kayak masak, ada yang hobi, ada juga yg jadi kerjaan. Anyway hobi masak masih jauh lebih baik daripada hobi ngomentarin masakan.
Irsyad :
well said.
Bayu :
bedanya cuma yg 1 profesional krn dibayar..komentator, kritikus, dan semacamnya...pemikiran lu ga salah wa, cuma aja lu jadi terlalu realis dan result-oriented..yg masak sama yg suka ngomentarin masakan sama2 punya peran..kalo disuruh, belom tentu dia bisa masak lebih enak dari yg dikomenin, ato ngasih solusi gimana biar masakannya lebih enak..tapi buat yg masak juga perlu denger komentar awam, supaya doi tau kalo ada yg ga beres ato ada yg bisa dia lakuin buat bikin masakannya lebi enak..gimana dia ngelakuinnya, ya dia bisa mikir, doi expert..tapi kalo ga ada yg komen, doi ngerasa aman2 aja dan ngerasa 'ah gw yg punya ilmu masak, ini enak, lu ga tau apa2, cuma komen aja' gitu deh, jatohnya smug kalo bhs south park nya hehe..
dan buat beberapa orang, orang2 yg cuma hobi komen ato kerjaannya cuma komen malah jadi hiburan hehe..look around internet, kecuali di yutub, komen2 artikel di internet sering lebi seru dibaca dari artikelnya sendiri..ya kan? Heuheu..itu kontribusi para komentator, sama keq di pertandingan bola..ya kalo di masakan mereka tu garnish, ga ada pun gpp, ga guna2 amat, tapi kalo ga ada malah jadi keliatan plain ato bland hehe..
Tulad :
Dia nulis.
Djawa :
 @baydon: lu menjelaskan dengan sangat baik don, setidaknya jadi lebih bisa buka pikiran gw tentang orang yg sukanya komentar dan gw rasa mayoritas orang suka karyanya dikomentarin selama penyampaiannya polite and humble. Bener jg berita di internet lebih seru diliat komen2nya karena lebih panas dari artikelnya dan bikin gw berpikir 'what's wrong with these people?' Memaki, saling ejek, menghakimi, padahal mereka cuma liat kulit dari permasalahannya
@tulad: iya, judul bukunya bagus pula "catatan seorang demonstran". Untung FB dan twitter ada di jaman sekarang. Kalo ada dari jaman dulu, gw yakin gie ga nulis di diary tapi ngetwit
Lanny :
gue sih ngeliatnya lebih kayak catur. setiap orang dalam permainan ini punya tugas, peran dan kemampuan sendiri2. dulu gue mengkritisi para sufi yang menurut gue nonsense, mereka hanya peduli pada dirinya sendiri dan Tuhan nya tapi dia lupa pada tugas-tugas sebagai manusia di dunia. lalu ada yang ingetin gue, setiap manusia itu punya tugas, peran dan kemampuan masing2 untuk menyeimbangi kehidupan ini. termasuk para sufi tadi.
 balik lagi ke permainan catur, ada yang jadi prajurit, maju di barisan terdepan, ada yang dengan kemampuannya bisa gerak kesana ada yang hanya bisa gerak kemari, tapi semuanya berkoordinasi untuk menuju satu kemenangan. ada yang kemampuannya dan tugasnya jadi kaum praktisi seperti ahli2 teknik, ilmu alam, ekonomi dan lain-lain. Nah permasalahannya masyarakat umum hanya bisa melihat kaum2 praktisi ini dalam berkarya. tapi masyarakat umum mengenyampingkan peran2 kaum cendikiawan atau bisa uga disebut intelektual.
padahal sebenernya kaum cendekiawan, pemikir atau intelektual ini memiliki peran besar sebagai seorang konseptor dan inisiator. yang seringkali perannya dilupakan dan diabaikan oleh masyarakat umum. karena hasil karya mereka bukanlah suatu barang, benda, atau kebijakan. Tapi pemikiran. itulah kenapa ilmu filsafat sangat tidak populer di Indonesia, sedangkan berbanding terbalik dengan di Eropa yang sangat menghargai pemikiran dan filsafat.
 Bayu :
hanya saling empowering sbg sesama sekte hahahaha..
Tulad :
Sayangnya, 'cuma' itu yang dijual dan jadi terkenal: romantisme mahasiswa, kesan keren demonstran. Padahal masih ada seenggaknya 3 buku lagi: Orang-orang di Persimpangan Jalan, Di Bawah Lentera Merah, Zaman Peralihan. Itu skripsi dia. Orang sarap mana lagi yg di tahun '60-'70an bikin skripsi soal PKI? Cuma ya, sampe pasar, fakta itu kalah ganteng dibanding Nicholas Saputra.
Lanny :
kalo semua orang hebat dan cerdas ada di dalam lingkup kebijakan, dan tidak ada yang men-demo atau mengkritisi dari luar (oposisi) negara kita jadi fasis wa, bukan negara demokrasi hehe.
well said Mohammad Baydon Ramadhan ;)
selain nulis diary, gie juga nulis di koran2 pada masa itu, kompas dan sinar harapan kalo ga salah
Bayu :
so, marry me now? XD *out of context *saatnya pindah forum
Tito :
bedanya tukang protes jaman sekarang sama jaman dulu jauh sih pe. jaman sekarang mau protes kayak apa yg kedengaran cuma berisik sama rusuhnya aja. wong jaman sekarang banyak dibuka jalan untuk menyampaikan pendapat ko ya bisanya cuma bakar ban di jalan raya.
jaman dulu jangankan mau protes di jalan, bercandain harto mesem aja besoknya lo bisa ilang. kalo ditanya apa kontribusi nyatanya, mungkin mereka ngasih keberanian sih buat rakyat untuk ngelawan tirani pemerintahan yang sewenang-wenang. 







***
Saya putuskan bahwa saya akan demonstrasi. Karena mendiamkan kesalahan adalah kejahatan. - Soe Hok Gie


1 komentar:

  1. Sok Hok Gie sebenarnya agen. Dia banyak berhubungan dng soemitro. Gie menurutku biasa aja, aku malah menyebutnya seorg idealis yg linglung.

    BalasHapus